Diksar VIII Liga Film Mahasiswa Univ. Hasanuddin

Sunday 13 November 2011
Weekend ini saya habiskan dengan mengikuti DIKSAR VIII LIGA FILM MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN. Diksar yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LFM ini berlangsung selama dua hari, sabtu-minggu, 12-13 November 2011. Diksar LFM kali ini bertempat di Gedung Penelitian Ilmiah Universitas Hasanuddin. Diksar ini diikuti oleh sekitar 40 orang peserta dari angkatan 2007 sampai angkatan 2011 yang berasal dari berbagai fakultas bahkan universitas, diantaranya fakultas sospol, MIPA, hukum, ekonomi, dan lain sebagainya, serta tidak ketinggalan pula diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Islam Muhammadiyah.

Diksar VIII LFM yang menyusung tema ‘Why Not Short?’ ini berlangsung dari pukul 08.00-16.00 WITA. Acara pembukaannya ditandai dengan sambutan ketua panitia, sambutan ketua UKM LFM dan sambutan wakil rektor 3 sekaligus membuka dengan resmi kegiatan diksar.

Setelah acara pembukaan, materi pun dimulai. Selama dua hari kami mendapatkan enam materi. Hari pertama diisi dengan materi pengenalan film, manajemen produksi film dan materi ide cerita dan skenario. Pada materi ide cerita dan skenario, kami diberi tugas rumah yakni membuat skenario untuk film indie minimal 3 scene. Hari kedua diisi dengan materi penyutradaraan, teknik kamera dan teknik editing. 

Terakhir, panitia membagi kami para peserta kedalam enam kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 6-7 orang dan didampingi oleh 4 kakak pendamping. Kelompok-kelompok ini diberikan tugas untuk memproduksi sebuah film indie sebagai follow up dari diksar ini.

Foto Bersama Peserta Diksar VIII Liga Film Mahasiswa UH
@GPI, acara pembukaan Diksar VIII LFM
Foto bersama Peserta, panitia dan pemateri Diksar

0 comments:

Post a Comment