5 Hal yang Aku Rindukan

Saturday, 24 March 2012

Selama hidup di dunia ini, setiap orang pasti punya kebiasaan yang sering dilakuin dari kecil, punya pengalaman-pengalaman seru, punya cerita tersendiri dalam hidupnya, itulah yang membuat hidup seseorang selalu berwarna. Begitupun denganku. Hampir 20 tahun hidup di dunia ini, berpijak di bumi ibu pertiwi yang tercinta ini dan menghabiskan masa-masa kecil dan remaja di tanah Ambon Manise, Maluku. Aku punya banyak cerita, kebiasaan, dan mimpi-mimpi.
Postingan kali ini, aku ingin mengobati kerinduanku dengan cara membagi beberapa cerita, kebiasaan dan pengalaman-pengalaman seru yang pernah aku lalui. Ya..boleh dibilang ini semacam bernostalgialah. Oke, are u ready to hear my story? We’ll start now!! Let’s check this out, guys :)

1.      Aku kangen banget suasana upacara bendera setiap hari senin dan hari-hari besar nasional. Waktu SD pernah waktu mau mulai upacara bendera, aku sama beberapa teman cewekku melarikan diri. Kami gak mau ikut upacara hari itu, karena dengan satu alasan: ‘KAMI BELUM MENGHAFAL TUGAS HAFALAN!’ Karena, itulah aku dan beberapa teman cewek melarikan diri menuju masjid yang berada tepat dibelakang bangunan sekolahku itu. Kami duduk didalam masjid untuk menghafal rotasi dan revolusi bulan dan planet-planet serta proses terjadinya hujan. Selebihnya, selama 12 tahun sekolah, aku selalu mengikuti upacara bendera. Aku suka saat hening dan yang terdengar hanya lagu ‘Indonesia Raya’ yang dan Sang Saka Merah Putih naik perlahan ke ujung tiang. Ada satu lagi nih, waktu SD kan lagi boomingnya film Petualangan Sherina tuh, trus ada salahsatu lagu yang ada dalam filmnya, begini liriknya ‘matahari..bersinar terang seolah tersenyum senang, walau panas menyengat.....’, begitulah liriknya.aku ingat banget tuh lagu itu dinyanyikan rame-rame bareng teman-teman sekelas ditambah lagi sambil nari sesuai dengan gerakan yang ada difilmnya. Gak nanggung-nanggung, kami nyanyiin itu lagu sambil menari di lapangan sekolah saat itu. Jadi, malu ingat saat itu. Konyol banget, sumpah,, hahahayyy :D

2.      Aku kangen banget suasana kemping ala Pramuka. Kangen banget suasana kegiatan malam, suasana latihan mingguan, suasana makan bersama saat kemping. Wah..seru bangettt... aku kangen kebersamaan-kebersamaan saat di Pramuka, dihukum tengah malam sama teman-teman, ap-alagi kalau ujian kenaikan pangkat, itu seru banget.. Gak ada kata capek deh, kalau lagi ikut kegiatan Pramuka. Ingat banget tuh waktu ikut lomba hiking antar Penegak se-Kota Ambon dalam rangka Memperingati Hari Lahir Bapak Pandu Sedunia, Robert Baden Powell  Kami berhasil menyabet dua piala dalam lomba ini. Kembali berbicara tentang Upacara Bendera, selama mengenyam pendidikan di SDN 87 Ambon, SMPN 14 Ambon dan SMAN 11 Ambon, aku selalu menjadi salahsatu petugas upacara. Aku pernah jadi pemimpin upacara, dirjen, kelompok paduan suara, pembaca UUD 45’ dan yang paling sering aku selalu jadi Pembaca Doa. Semenjak aku gabung di Pramuka sejak duduk di bangku SMP, sejak itu aku paling gak suka lihat orang yang saat bendera Merah putih lagi dinaikkan, dia malah hormat sambil cerita atau membuat gerakan tambahan lainnya. Aku juga paling gak suka lihat orang yang nyanyiin lagu Kebangsaan Indonesia dengan main-main, dengan posisi berdiri yang tidak benar.

3.      Aku kangen banget nih makan nasi kelapa di salahsatu tempat di Kota Ambon, yakni Tugu Batu Merah. Nasi kelapa yang ada disitu terkenal ennnaaaakkkkkk banggeeetttttt... Aku juga kangen sama dua jajanan khas kota Ambon yang paling aku sukai, namanya Kue Cara dan Lontar. Dua jajanan khas Ambon ini, merupakan favorit aku banget deh.. Kalau Bulan Ramadhan tiba, kan sering tuh aku ikut acara Buka Puasa Bersama, pasti jajanan berbuka yang aku cari apa lagi kalau bukan dua jajanan kesukaan aku ini. Gak usah makan yang lain deh, asal minum air mineral sama dua kue ini, sudah cukup banget deh buat aku. Aduh.. jadi ngiler sendiri.

4.      Bukan itu saja, aku juga kangen suasana nongkrong bareng 16 orang sahabat tercinta. Aku dan sahabat-sahabatku ini yang terdiri dari 4 orang cowok dan lainnya cewek ini, kami paling suka duduk bersama sambil ngeliat bintang sambil cerita ini itu, cerita tentang apapun itu, mulai dari hal yang sangat tidak penting sampai yang penting menyangkut negara, semua tak luput dari bahan pembicaraan kami. Cemilan-cemilan dan minuman bersoda sering menemani kami. Satu lagi, yang paling aku kangenin, yaitu suasana duduk bersama bareng sahabat-sahabat. Kali ini dalam suasana yang cukup formal, menurut kami. Kami seringkali duduk bersama membentuk lingkaran, kali ini topik pembicaraan kami adalah seputar masalah yang tengah kami hadapi, pokoknya yang ada kaitannya sama persahabatan kami. Saat duduk membentuk lingkaran ini, masing-masing dari kami akan mendapat giliran untuk berbicara, mengeluarkan segala unek-uneknya selama ini yang tengah dia rasakan tentang persahabatan kami ini. Misalnya, saat tiba giliranku, aku bicara mengeluarkan unek-unek di hati tentang sahabat-sahabatku ini. Aku akan memberikan penilaian kepada masing-masing orang lainnya tentang apa yang tidak aku sukai dari diri mereka, dan apa yang aku inginkan dari masing-masing mereka. Begitupun dengan mereka. Tatkala saat ini terjadi, suasana akan menjadi hangat dan mengharukan. Bila telah selesai, kami akan saling berpelukkan sambil meminta maaf dan mengucapkan kata sayang. Tanpa disadari, itu merupakan salahsatu cara kami untuk tetap mempertahankan persahabatan kami sampai sekarang ini.


5.      Aku kangen pergi piknik bareng sahabat-sahabat, pergi ke pantai, pemandian air panas, sampai pergi ke salahsatu desa sahabatku untuk liburan. Dan parahnya lagi nih, aku kangen berat sama suasana di rumah. Kangen tempat tidur empukku itu, kangen banget duduk-duduk sore di depan rumah. Semalam setelah ngobrol dengan Kakak sulungku via phone, aku nangis sendiri dalam kamar kosku ini, jadi kangen banget sama rumah. Yang terakhir ini, ada banyak mimpi yang ingin aku wujudkan, mimpiku sendiri dan mimpi bersama sahabat-sahabatku. Aku paling ingin mendaki mahameru, semenjak baca novel 5 CM-nya Donny Dhirgantoro, aku dan sahabat-sahabatku ini punya mimpi untuk mendaki Mahameru, lewati Upacara Bendera di Puncak Tertinggi di Tanah Jawa ini. Pengen banget deh suatu saat bisa ke Italia, Prancis dan Irlandia. Gara-gara nonton film P.S I love You, aku jadi tergila-gila sama Irlandia. Suatu saat, mimpi ini akan jadi kenyataan. Semoga apa yang aku citakan, dapat terwujud. Aamiin..

Nah itu dia, beberapa hal yang aku lagi kangenin sekarang yang terangkum dalam lima poin diatas. Bernostalgia gini setidaknya bikin rindu sedikit terobatilah. Buat kalian teman-teman blogger, ada yang kalian kangenin gak? Pasti kalian juga punya banyak cerita seru yang terjadi dalam hidup kalian, bukan? Cerita-cerita inilah yang bikin hidupku, hidupmu, hidup kita semua jadi berwarna, jadi berarti. This’s my classic story, my best experiences and my dreams, how about u, guys? ^,*

2 comments:

  1. Mahda said...:

    wah kalo saya kayax banyak yg sy kangenin hehe,, salah satunya teman-teman di sma,,kangen kumpul bareng sama mereka lg..

  1. Wah,, postingan diatas itu masih d\sedikit dari yang saya kangenin,, hehehehe :D

    Iya, kangend banget suasana ngumpul bareng teman-teman. Suasana ngumpul ala anak SMA :)

Post a Comment