Belajar dari Tukang Becak

Sunday, 14 August 2011


Hari ini setelah menikmati hidangan coto makassar di salahsatu rumah makan yang terletak di Jln Ay Patty, Ambon, saya dan Ca Ilel (Kakak sepupu) berencana untuk melanjutkan perjalanan malam ini dengan bersilahturahmi di salahsatu rumah sepupu yang berada di Tantui.

Untuk menuju ke tempat tujuan, kami berdua memutuskan untuk naik becak dari Ay Patty sampai ke Pangkalan Ojek Ongko Liong. dalam perjalanan ke Ongko Liong, saya dan Ca Ilel sering menegur abang tukang becaknya, karena kami merasa beliau mengayuh becak dengan kecepatan yang lumayan kencang. Sepanjang perjalanan, kami sering menegur beliau, memperingati beliau agar mengayuh becak dengan pelan-pelan saja. Biar lambat asal selamat.
Ca Ilel : 'Abang, bawa becak palang-palang saja, itu tar bisa bajalang bae-bae.. asal palang, yang penting salamat, abg.' (Bgitu kira-kira apa yang dikatakan sepupu saya, dan sesekali saya membenarkannya). beberapa menit kemudian, kamipun sampai di pangkalan ojek Ongko Liong, saat membayar harga becak, kami melihat sesuatu yang seketika mengejutkan kami berdua. Tangan kanan abang ini cacat. Kamipun berpikir bahwa tadi sebenarnya beliau tidak bermaksud mengayuh becak dengan kecepatan tinggi, hanya saja mungkin ada gangguan sedikit pada tangan beliau, kami turut membayangkan betapa susahnya beliau saat memegang kemudi becak dengan kondisi tangan seperti itu.

Kejadian ini sungguh membuat kami berdua, khususnya saya merasa berdosa. bahwa tak seharusnya kami bersikap demikian. Saya tersadar bahwa kita harus selalu berprasangka baik dengan orang lain, siapapun, kapanpun. Bangun terlebih dahulu pikiran positif kepada siapa saja, percaya bahwa setiap tindakan selalu ada alasan.Intinya lagi adalah belajar bersyukur. Malam ini saya belajar satu hal tentang hidup dari si tukang becak itu.

6 comments:

  1. Uchank said...:

    wahh.... di ambon juga ada coto makassar ya mbak ?
    hahha..

    nice story :)
    mungkin tukang becak itu mempercepat laju kendaraannya supaya dia tidak kesakitan lbh lama lagi.

  1. ada dong..
    malah ada yg udah tersohor krn kelezatannya..

    makasih :)
    sepertinya bgtu, pasti tukang becaknya kesulitan megang kemudi.

  1. ini ca'eby pung ade kan.?

    ade pandai menulis kaya ca'eby. :)
    keep writing ade.

  1. iya, abg ..
    nih ca ebhy pg ade.

    makasih, abg :)
    sering2 maen d blog unhy yak.

  1. #balas shoutbox disini aja deh. :)

    wa'alaikumsalam ade unhy, abang dah follow back. insyaAllah sering2 berkunjung kalo ada tulisan2 terbaru. :)

    oyah, salam buat ca'eby yah.

    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin.
    mohon maaf lahir dan batin.
    selamat idul fitri 1432 H.

  1. makasih, abg :)

    salamnya sdh unhy sampaikan ke cha ebhy dr kmren@, cha ebhy salam balik abg..

    maaf juga lahir batin, abg :)

Post a Comment